Aliran Rasa Bunsay Game Level 6: Math Around Us
Matematika itu Ada Dimana-mana
Mari
Belajar Matematika Kapan Saja, Dimana Saja
Seperti
biasa, tugas-tugas dalam tantangan Bunsay Level ini membuka kesadaran saya
lebar-lebar. Tema Level 6 kali ini yaotu menstimulasi matematika logis untuk
anak. Bahwa yang namanya matematika itu tidak harus selalu berhubungan dengan
yang namanya angka-angka, disusul dengan istilah penjumlahan, pengurangan,
perkalian rumit, tambah, kurang, bagi, kali dan rumus-rumus yang terkadang
dibaca saja sudah bikin pusing. Ternyata bukan itu.
Dalam Review
Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis disebutkan bahwa seringkali yang
namanya matematika, pelajaran matematika atau apapun yang berkenaan dengan
hitungan, angka-angka, penjumlahan, perkalian dan sebagainya dianggap sebagai
momok, hal yang menakutkan karena pada awalnya sudah salah persepsi duluan, dan
juga salah kira, salah duga, salah tafsir, ditambah dengan percaya pada
simpulan kebanyakan orang yang memang selalu menganggap matematika itu adalah
sesuatu hal yang rumit dan juga sulit. Sudah salah kaprah pada proses awalnya
sehingga akhirnya membuat proses-proses selanjutnya menjadi lebih rumit lagi.
Konsep yang
sudah salah kaprah pada awalnya, juga proses belajar yang kurang menyenangkan
alhasil membuat matematika ya tetap menjadi momok atau sesuatu hal yang terasa
tidak menyenangkan, menakutkan dan menyulitkan. Padahal, jika kita bisa
mempelajari matematika dengan baik maka akan bisa membantu proses belajar
ilmu-ilmu yang lain dengan baik pula. Karena yang namanya matematika itu
ternnyata ada dimana-mana.
Seperi yang
disebutkan dalam rangkuman Review
Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis, Ilmu matematika kita butuhkan sebagai
SARANA agar anak-anak kita memiliki kemampuan untuk:
ü Berpikir logis
ü Berpikir kritis
ü Memecahkan masalah secara sistematis
(bukan hanya masalah pelajaran matematika saja, namun masalah dalam kehidupan
pada umumnya)
ü Melatih ketelitian, kecermatan dan
kesabaran serta
ü Menarik kesimpulan secara deduktif
(menarik kesimpulan berdasarkan pola yang umum. Hal ini akan membiasakan otak
kita untuk berpikir secara objektif)
Dalam menjalani
tantangan Bunsay Level 6 kali ini (walaupun setoran tantagnnya rapel seharian,
hehe), akhirnya saya bisa benar-benar
merasa aware bahwa ternyata belajar matematika, menstimulasi anak untuk belajar
matematis logis itu biasa dimana-mana, dalam setiap kegiatan anak.
Berikut saya
ulas beberapa hal yang juga saya pelajari ketika menstimulasi matematis logis
untuk Haya.
Matematika
di Dapur
Ketika saya
berada di dapur, entah memasak, atau mencuci piring, biasanya Haya juga ikut
ngintil. Nah agar ana betah menemani di dapur, juga tidak bosen atau rewel
menunggui saya beraktifitas di dapur, tentunya Haya juga harus dikasih
aktifitas. Ini yang sempat saya lakukan.
Mengklasifikasikan
antara bawang merah dan bawang putih.
Kebetulan tempat
bumbu berada di rak di bawah wastafel yang berada dalam jangkauan Haya, maka
mudahlah ia menemukan bumbu-bumbu dapur termasuk wadah , menyimpan bawang merah dan bawang putih. Okelah kalau
begitu, aktifitas kali ini adalah memilah antara bawang merah dan bawang putih.
#aliranrasa
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
Komentar
Posting Komentar